Text
Pemanfaatan Media Peraga Dan Metode Ummi Dalam Pembelajaran al-Qur'an Di Pondok Pesantren Putri ar-Roudloh Ngronggo Kota Kediri
Pembelajaran al-Qur'an itu bisa dimulai dari anak usia dini agar jiwa kereligiusan pada diri sang anak Untuk mempermudah dalam melatih pembelajaran membaca al-Qur'an pada anak itu terdapat berbagai macam metode salah satunya yakni metode Ummi. Metode Ummi adalah suatu metode membaca, menulis dan menghafal juz "Amma dengan cara membaca cepat mengunakan lagu Rost (tinggi rendah), serta dalam penunjang untuk pembelajarannya itu yang paling utama menggunakan alat peraga sebagai alat penunjang untuk mempermudah dan memahami para peserta didik dalam pembelajaran al-Qur'an. metode Ummi sangat efektif dan efisien untuk diterapkan, metode Ummi ini juga diterapkan di pondok pesantren putri ar-Roudloh ngronggo kota Kediri dengan fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana pemanfaatan media peraga dan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur'an pondok pesantren ar-Roudloh ngronggo kota Kediri, 2) Bagaimana materi metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur'an, 3) bagaimana evaluasi metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur'an
Untuk mengungkap fenomena diatas yang relevan dan hasilnya optimal, maka pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) pemanfaatan media peraga dan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur'an itu sangat efektif serta dapat dengan mudah dipahami dan diingat dalam pembelajaran al-Qur'an. 2) adapun materi dari metode Ummi itu sendiri ada 3 tahapan yakni: jilid 1-6, gharib, dan tajwid. 3) evaluasi metode Ummi ini menggunakan uji tes, pra tashih dan tashih, yang bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran al-Qur'an metode Ummi.
Tidak tersedia versi lain