Text
Peran Guru al-Qur'an Hadits Sebagai Model dan Teladan dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas XI-MIPA 1 di MAN 3 Nganjuk
Guru al-Qur'an Hadits merupakan guru dalam lingkup pendidikan agama islam yang memiliki tanggung jawab dalam membentuk kepribadian siswa. Dalam pembentukan kepribadian siswa, guru al-Qur'an Hadits memberikan model dan teladan yang ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini akan membuat siswa merasa terinspirasi untuk meniru model dan teladan tersebut. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana model keteladanan guru al-Qur'an Hadits sebagai pembentukan kepribadian siswa kelas XI-MIPA 1 di MAN 3 Nganjuk?, 2) Bagaimana peran guru al-Qur'an Hadits sebagai pembentukan kepribadian siswa kelas XI-MIPA 1 di MAN 3 Nganjuk?, 3) Bagaimana perkembangan kepribadian siswa setelah melihat model dan teladan guru al Qur'an Hadits di MAN 3 Nganjuk?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui model keteladanan guru al-Qur'an Hadits sebagai pembentukan kepribadian siswa kelas XI-MIPA 1 di MAN 3 Nganjuk, 2) Untuk mengetahui peran guru al-Qur'an Hadits sebagai pembentukan kepribadian. siswa kelas XI-MIPA 1 di MAN 3 Nganjuk, 3) Untuk mengetahui perkembangan kepribadian siswa setelah melihat model dan teladan guru al Qur'an Hadits di MAN 3 Nganjuk.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dan penelitian ini dilakukan di MAN 3 Nganjuk. Adapun data yang didapatkan berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan terakhir adalah penarikan kesimpulan (conclusion verifiying).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) model keteladanan guru al Qur'an Hadits antara lain: disiplin, bertanggung jawab, berakhlakul karimah dan memiliki kesabaran terhadap siswa, 2) Peran guru al-Qur'an Hadits sebagai pembentukan kepribadian siswa diantaranya: melaksanakan tanggung jawab, menunjukkan perilaku yang baik serta mampu membimbing siswa, 3) Perkembangan kepribadian siswa antara lain: mentaati tata tertib, disiplin, berperilaku sopan santun, dan melaksanakan tanggung jawab.
Tidak tersedia versi lain