Text
Hubungan Intensitas dalam Mengikuti Dakwah melalui Media Sosial dengan Minat Belajar Agama pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Kediri
Pada era milenial ini, dakwah tidak hanya disampaikan secara tatap muka saja. Akan tetapi, saat ini dakwah juga dapat disampaikan melalui media sosial. Dikarenakan remaja saat ini terutama mahasiswa sangat dekat dengan sosial media, sehingga pada penyajian dakwah saat ini dibagikan di media sosial. Pada penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui intensitas mahasiswa dalam mengikuti dakwah melalui media sosial pada program studi PAI di IAIN Kediri, 2) Untuk mengetahui minat belajar agama pada mahasiswa program studi PAI di IAIN Kediri, dan 3) Untuk mengetahui hubungan antara intensitas mahasiswa dalam mengikuti dakwah melalui media sosial dengan minat belajar agama pada program studi PAI di IAIN Kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiwa PAI di IAIN Kediri angkatan 2015-2018 sebanyak 1565 mahasiswa dan sampelnya sebanyak 94 responden. Teknik pengumpulan data dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Kendall's Tau.
Hasil dari penelitian ini diperoleh: 1) Pada Intensitas mengikuti dakwah melalui media sosial dalam sudah pada taraf sedang dan diperoleh hasil sebesar 65% dari 94 responden serta berada dalam interval 45-50. 2) Pada minat belajar agama mahasiswa juga dalam taraf sedang dan diper sebesar 67 % dari 94 responden dan terletak pada interval 52-56, 3) Ada hubungan antara intensitas mengikuti dakwah melalui media sosial dengan minat belajar agama pada mahasiwa program studi PAI di IAIN Kediri. Hasilnya diperoleh dengan korelasi pada kategori yang sangat rendah sebesar 0,162.
Tidak tersedia versi lain