Text
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Siswa Kelas X DI SMA Negeri 1 Grogol
Di era globalisasi ini, banyak sekali pergeseran nilai dalam kehidupan masyarakat dikarenakan para generasi kita masih banyak yang belum mampu untuk membaca al-Qur'an secara baik apalagi memahaminya. Merujuk pada hal tersebut sekolah sebagai wadah dalam mendidik individu, untuk kebaikan budi pekerti dan pengetahuan maupun pengalamannya. Berkaitan dengan hal tersebut adapun tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X melalui kegiatan intrakurikuler di SMA Negeri 1 Grogol. Kedua. Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur'an dan Studi Kerohanian Islam di SMA Negeri 1 Grogol. Ketiga, mengetahui faktor penghambat dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol. Keempat, Mengetahui faktor pendukung dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan 3 teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan kriteria kredibilitas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol, yaitu: 1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis melalui kegiatan intrakurikuler yaitu melalui berdoa sebelum pelajaran dimulai, membaca Asmaul Husna sebelum pelajaran dimulai, serta membiasakan membaca al-Qur'an beserta artinya dan menggunakan metode imla' untuk menulis al-Qur'an. 2) Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur'an siswa kelas X selalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur'an dengan memberdaya anggota SKI, melaksanakan kegiatan ekstra al-Qur'an rutin dan wajib bagi kelas X setiap hari Jum'at dan terdapat lembar prestasi untuk memantau perkembangan kemampuan membaca siswa dan untuk mengetahui aktif tidaknya siswa mengikuti ekstra al Qur'an. 3) Faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur'an adalah siswa enggan membawa al-Qur'an Juz Amma (kegiatan intrakurikuler), anggota SKI enggan menjadi tutor karena ragu akan kemampuannnya, dan beberapa siswa kelas X membolos kegiatan ekstra al Qur'an. 4) Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur'an adalah dengan menggunakan media iqra' yang sudah banyak diketahui siswa, dukungan kegiatan dari pihak sekolah dan kurikulum serta pemberdayaan sarana prasarana.
Tidak tersedia versi lain