Text
Kapabilitas Pedagogis Guru Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa di MAN 2 Nganjuk
Kecerdasan emosional dan spiritual penting untuk dikembangkan dalam rangka mewujudkan nilai dan perilaku (akhlak) yang baik bagi siswa. Pada prinsipnya di dalam dunia pendidikan, dalam proses pembelajaran seorang guru seharusnya tidak hanya mementingkan kecerdasan IQ saja pada siswa, tetapi juga memperhatikan, menumbuhkan serta mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) pada siswa. Guru yang memiliki kapabilitas pedagogis yang baik maka akan mudah untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didiknya baik melalui pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Berawal dari hal tersebut, peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian tentang Kapabilitas Pedagogis Guru Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa di MAN 2 Nganjuk. Fokus penelitian ini yaitu: (1) kapabilitas pedagogis guru akidah akhlak dalam pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di MAN 2 Nganjuk, (2) kecerdasan emosional dan spiritual siswa di MAN 2 Nganjuk, dan (3) bagaimana pengembangan pembelajaran akidah akhlak pada kecerdasan emosional dan spiritual siswa di MAN 2 Nganjuk.
Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case) study). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kapabilitas pedagogis guru akidah akhlak dalam pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual siswa, untuk mengetahui kecerdasan emsoional dan spiritual siswa di MAN 2 Nganjuk dan untuk mengetahui pengembangan pembelajaran akidah akhlak pada kecerdasan emosional dan spiritual di MAN 2 Nganjuk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru akidah akhak di MAN 2 Nganjuk mempunyai kapabilitas pedagogis yang baik, hal ini terbukkti dengan terpenuhinya indikator kapabilitas pedagogis. Selain kapabilitas pedagogis guru, peseerta didik di MAN 2 Nganjuk memiliki kecerdasan eosioonal dan spiritual yang baik. Dalam pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual, guru akidah akhlak memberikan teladan yang baik, mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, memberikan bimbingan kepada peserta didik dan memberikan penghargaan kepada peserta didik
Tidak tersedia versi lain