Text
Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Quran dalam Mencapai Target Hafalan Siswa di MTS Sunan Ampel Pare Kediri
Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap lolaan pengelolaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di MTs Sunan Ampel yang mempunyai target tinggi yaitu 10 juz untuk lulusannya, akan dan pada tahun pelajaran 2014/2015 mampu meluluskan I orang siswa dengan hafal Al-Qur'an 30 Juz. Untuk mencapai target hafalan yang telah ditentukan tentunya tidak terlepas dari pengelolaan pembelajaran tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an yang dilakukan di MTs Sunan Ampel, yang di dalamnya mencakup perencanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an, pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an, dan evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dngan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display dan coclusion drawing verivication. Pengecekan keabsahan data menggunakan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di MTs Sunan Ampel meliputi seleksi siswa kelas tahfidz dilaksanakan setiap awal masuk ajaran baru dan waktu pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di rencanakan pada setiap pagi pukul 07:00 sampai 08:30, materi yang akan diajarkan yaitu tahsin, makharijul huruf, dan hafalan juz Al-Qur'an (2) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di MTs Sunan Ampel menggunakan metode ziyadah, muroja'ah, Sambung Ayat Al-Qur'an, dan Musabaqoh Hifdzil Qur'an sedangkan target hafalan pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di MTs Sunan Ampel adalah 3 juz untuk setiap semesternya, dan 10 Juz untuk setiap lulusannya. (3) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an evaluasi harian, ujian tengah semester, ujian semester, tes perolehan, uji terminal, remedial dan monitoring. Hasil evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di MTs Sunan Ampel menunjukkan prestasi siswa kelas tahfidz dibidang tahfidz maupun akademik menu kan hasil yang sangat baik yaitu peringkat paralel I,II,II diraih oleh siswa kelas tahfidz.
Tidak tersedia versi lain