Text
Implementasi CBT sebagai Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kejujuran Siswa Mengerjakan UAS PAB Kelas XII di SMAN 1 Tanjunganom
Salah satu evaluasi pembelajaran ujian yang paling fenomenal saat ini yaitu ujian menggunakan komputer (Computer Based Test). CBT adalah salah satu teknologi bentuk tes yang diprogramkan pemerintah untuk memudahkan guru dan peserta didik dalam mengerjakan ujian. CBT dipilih sebagai evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kejujuran peserta didik dalam mengerjakan soal UAS Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII di SMAN 1 Tanjunganom. Di dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diajarkan untuk menumbuhkan sikap jujur dan percaya terhadap diri sendiri sebagai suatu akhlak terpuji yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan CBT sebagai evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kejujuran siswa dalam mengerjakan UAS PAB kelas XII di SMAN 1 Tanjunganom. (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan CBT sebagai evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kejujuran siswa dalam mengerjakan UAS PAB kelas XII di SMAN 1 Tanjunganom. (3) untuk mendeskripsikan Hasil CBT sebagai evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kejujuran siswa dalam mengerjakan UAS PAB kelas XII di SMAN I Tanjunganom.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologic naturalistic, Selanjutnya peneliti menggunakan studi kasus, dimana peneliti dapat menemukan dan mendeskripsikan data secara menyeluruh dan utuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan tringulasi.
Dari penelitian ini terdapat tiga penemuan, terdiri dari: (1) Perencanaan CBT, meliputi: Sosialisasi dan simulasi CBT, materi PAB yang diajarkan sesuai dengan kisi-kisi, membuat soal dan kunci jawaban PAB, soal PAB setiap peserta didik tidak ada yang sama. (2) Pelaksanaan CBT, meliputi terdapat tiga petugas dalam pelaksanaan UAS PAB, soal PAB bisa dibuka 15 menit lebih awal dari jadwal pelaksanaannya, kesempatan bertanya peserta didik dalam UAS PAB terbatas, jawaban soal ujian dapat tersimpan setelah komputer mati secara tiba tiba, jika keluar dari halaman soal PAB akan terblokir. (3) Hasil CBT, meliputi: Penilaian UAS PAB secara otomatis, lebih praktis, hemat waktu dan biaya, diri sendiri sebagai faktor utama dari kejujuran akademik.
Tidak tersedia versi lain