Text
Peran Lembaga Bimbingan Belajar (Sony Sugema College dan Lembaga Bimbingan Belajar Primagama) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Nganjuk
Dengan semakin berkembangnya kehidupan saat ini, pendidikan menjadi salah satu jembatan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan seimbang untuk menghadapi abad XXI. Dalam proses mencapai tujuan pendidikan, siswa sebagai subjek dapat diarahkan kepada pendidikan formal maupun non formal. Dalam rangka memperbaiki kualitas pendidikan peserta didik dilingkungan formal, orangtua memberikan pembelajaran di luar jam sekolah seperti tambahan pembelajaran di lembga apendidikan non formal ternma sebagai dongkrak dalam meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah pada penilitian ini adalah, 1) Bagaimana peran lembaga bimbingan belajar Sony Sugema College (SSC) dan primagama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Nganjuk? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di lembaga bimbingan belajar Sony Sugema College (SSC) dalam meningkatkan hasil belajara peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Nganjuk? 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Nganjuk setelah mengikuti lembaga bimbingan belajar Sony Sugema College (SSC) dan lembaga bimbingan belajar primagama?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena dalam penelitian ini uraiannya tidak berupa angka-angka akan tetapi prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata yang dilakukan di Lembaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College (LBB SSC) cabang Nganjuk, Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Primagama cabang Nganjuk dan SMP Negeri I Nganjuk. Sebagai sumber datanya adalah Pimpinan LBB SSC, pimpinan LBB Primagama, tentor dan staf dari LBB SSC dan LBB Primagama, peserta didik LBB SSC dan LBB Primagama serta guru dari SMP Negeri 1 Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang didapat bahwa peran lembaga bimbingan belajar dalam sony sugema college dan lembaga bimbingan belajar primaga dalam meningkatkan hasil belajara peserta didik SMP Negeri 1 Nganjuk memiliki 2 peranan utama Pertama, 3 peranan utama dalam segi keberadaanya yaitu pemberian pelayanan, pemberian program pembelajaran dan hasil pembelajaran. Kedua, 4 peranan uatama dalam segi fungsinya yaitu fungsi perencanaa, fungsi pengorganisasian, fungsi pelaksanaan dan fungsi pengendalian.
Tidak tersedia versi lain