Text
Pengguna Metode Pembelajaran Field Trip pada Mata Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa SD (Studi Kasus di Sekolah Alam Kadiri "SAKA") Tahun 2018/2019
Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan religiusitas adalah kepercayaan siswa terhadap ajaran-ajaran agama baik di dalam hati maupun dalam ucapan yang diaktualisasikan dalam perbuatan dan tingkah laku sehari-hari. Dewasa ini banyak inovasi metode dalam sebuah pembelajaran PAI, studi antaranya yaitu metode field trip, dimana siswa belajar dengan langsung engunjungi objek, mereka dapat melihat, merasakan, mengamati objek secara langsung. Pembelajaran filed trip membuat siswa lebih memahami materi daripada menggunakan metode yang lain seperti ceramah. Penelitian ini adalah bermaksud untuk mengetahui Penggunaan Metode Pembelajaran Field Trip Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa SD (Studi Kasus Di Sekolah Alam Kadiri "SAKA") Tahun 2018/2019, Pendidikan Agama Islam, elitiannya Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2019, dengan fokus penelitiannya untuk adalah 1) Bagaimana perencanaan metode pembelajaran field trip pada mata PAI meningkatkan religiusitas siswa SD, 2) Bagaimana pela pelaksanaan metode pembelajaran field trip pada mata pelajaran PAluntuk meningkatkan religiusitas siswa SD, 3) Bagaimana evaluasi metode pembelajaran field trip pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan religiusitas siswa SD. 4) Bagaimana religiusitas siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran field trip mata pelajaran PAI pada siswa SD.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus, yaitu salah satu metode penelitian ilmu-ilmu sosial. Kehadiran peneliti di lapangan dalam penelitian kualitatif adalah suatu yang mutlak, karena peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian sekaligus pengumpul data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara induktif. Keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah a) perencanaan field trip yaitu menentukan tujuan, tema/materi, sumber pembelajaran atau objek, strategi/metode, media, kegiatan pembelajaran, evaluasi atau penilaian, alokasi waktu dan anggaran dana, b) pelaksanaan breafing (pengarahan), penerapan konsep learning by doing, dan diskusi, c) evaluasi penggunaan metode field trip sudah efektif, d) religiusitas siswa setelah melakukan metode pembelajaran field trip pada mata pelaran PAI menunjukkan adanya peningkatan dapat dilihat dari mereka disiplin dalam melaksanakan dan menjalankan perintah Allah, seperti melaksanakan sholat, berdo'a, shodaqoh, membaca Al-Qur'an tanpa harus disuruh terlebih dahulu, dan mereka juga meninggalkan larangannya.
Tidak tersedia versi lain