Text
Manajemen mutu pendidikan
Pendidikan nasional bertujuan mempersiapkan masyarakat baru yang ideal, masyarakat yang mengerti hak dan kewajiban serta berperan aktif dalam proses pembangunan. Esensi tujuan pendidikan nasional adalah proses menumbuhkan bentuk budaya keilmuan, sosial, ekonomi, dan politik yang lebih baik. Dalam perspektif tertentu harus mengacu pada masa depan yang jelas, yang pada akhirnya terbentuk watak peradaban suatu bangsa yang beradab dan bermartabat.
Desentralisasi pendidikan merupakan salah satu model pengelolaan pendidikan yang menjadikan sekolah sebagai proses pengambilan keputusan dan sebagai salah satu upaya memperbaiki kualitas pendidikan serta sumber daya manusia (SDM)human resources. Konsep otonomi pendidikan mengandung pengertian yang sangat luas, yakni mencakup filosofi, tujuan, format, dan isi pendidikan serta manajemen pendidikan itu sendiri.
Sejak digulirkan peraturan perundang-undangan tentang otonomi daerah, otomatis berdampak langsung terhadap tata pengelolaan pendidikan. Eksistensi lembaga pendidikan memaksa untuk dikelola secara lebih mandiri yang dibangun melalui pola pemberdayaan mandiri. Arah kebijakan ini menuntut penyelenggara pendidikan supaya berpikir kreatif, inovatif, dan progresif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh.
Dari kerangka berpikir ini, penulis mengajak praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, dan stakeholders untuk melihat tata kelola lembaga pendidikan yang mandiri untuk tetap meningkatkan mutu pendidikan nasional. Maka, buku ini bisa dijadikan referensi penting untuk para mahasiswa mulai dari program studi sarjana S-1, S-2, maupun S-3 yang konsen dengan permasalahan manajemen pendidikan.
Tidak tersedia versi lain