Text
Branding Perempuan Dalam Pemilihan Umum Legislatif Indonesia 2019: Studi Kasus Strategi Pemenangan Anggota DPR RI Terpilih Anggia Erma Rini, MKM Di Kabupaten Kediri
[12.03, 10/3/2021] d.: Anggia Erma Rini, MKM adalah salah satu Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jatim VI. Berhasil lolos ke parlemen setelah dua kali mengikuti Pemilu Legislatif. Kesempatan perempuan untuk masuk bidang politik sebenarnya ada dan memungkinkan, namun karena berbagai faktor itu jarang sekali terjadi. Faktor utamanya adalah pandangan stereotipe bahwa dunia politik adalah dunia publik, milik laki-laki dan dunia domestik milik perempuan. Sehingga ketika ada seorang perempuan mampu melaju ke parlemen, berarti ada strategi khusus untuk mencapainya Berdasarkan uraian tersebut, fokus penelitian ini adalah "Bagaimana strategi branding perempuan dalam pemilu legislatif 2019 di Kabupaten Kediri?"
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi Sementara itu teknik analisis datanya menggunakan reduksi data secara terus menerus hingga tuntas. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya melalui triangulasi data dan ketekunan pengamatan
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Strategi pemenangan Anggia dalam Pemilu Legislatif 2019 ini yaitu dengan menggunakan konsep marketing politik, yaitu perpaduan dari produk, promosi, harga , dan tempat. Serta menggunakan konsep segmentasi, targetisasi, dan positioning. 2) Dalam rangka membangun branding perempuan, Anggia menggunakan dua saluran komunikasi politik, yaitu saluran tatap muka dan saluran media. 3) Saluran tatap muka dan disertai dengan membagikan kartu berukuran kecil, misalnya stiker atau kartu nama dinilai paling efektif dalam strategi pemenangan Anggia Erma Rini pada Pemilu 2019.
Tidak tersedia versi lain