Text
Metode ABA (Applied Behavior Analysis) Dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik Anak Autis Di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kediri
Semua anak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang baik bagi mereka, tak terkecuali pada anak berkebutuhan kunin yang termasuk pula anak autis. Anak autis mengalami gangguan perkembangan fungsi otak yang dimana dengan adanya kesulitan pada kemampuan interaksi sosial, komunikasi dongan lingkungan, perilaku dan adanya keterlambatan pada bidang akademik Akibat gangguan saraf yang dialaminya, anak autis mengalami kesulitan belajar yang mempengaruhi kemampuan dalam menyimpan dan memproses informasi Terapi yang biasa diterapkan untuk anak autis ialah metode ABA. Metode ABA ialah metode yang terukur, terarah dan sistematis. Sehingga dengan adanya penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui penerapan metode ABA untuk meningkatkan kemampuan akademik anak autis, dan faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan akademik ketika diterapkan dengan metode ABA pada anak autis di SELA Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, Narasumber dalam penelitian ini merupakan lima orang tua dari anak autis di SLB Nurul Ikhsan dan satu orang guru yang juga menjabat sebagai pembuat kurikulum di SLB Nurul Ikhsan Teknik pengambilan data pada penelitian ini, menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam meningkatan kemampuan akademik pada anak autis, SLB Nurul Ikhsan membentuk perilaku baik, kepatuhan, dan kontak mata terlebih dahulu. Dengan sudah terbentuknya sikap patuh dan kontak mata, anak autis akan dengan mudah jika diberikan instruksi, sehingga kemampuan akademiknya juga dapat berkembang dengan baik. Selain membentuk perilaku baik dan kontak mata dengan anak, beberapa faktor juga berpengaruh untuk dapat meningkatkan kemampuan anak autis, antara lain (1) usia diagnosa anak (2) berat ringan derajat kelainan anak (3) tingkat kemampuan bahasa dan bicara (4) tingkat kelebihan dan kekurangan (5) IQ anak (6) kesehatan dan kestabilan emosi (7) intensitas dan pemberian terapi pada anak.
Tidak tersedia versi lain