Text
Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di SMK Al-Huda Kota Kediri
Era globalisasi yang merupakan pintu atas semua perubahan, menyebabkan berbagai perkembangan dalam hal teknologi. Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, memunculkan berbagai akibat yang bisa ditimbulkan oleh pemakainya. Salah satu hasil perkembangan teknologi tersebut adalah munculnya teknologi informasi gadget. Teknologi gadget yang hadir pada saat ini sangat cocok dengan kepribadian manusia khususnya remaja. Maka tidak heran jika banyak remaja saat ini memiliki pergeseran perilaku sosial yang berbeda dengan remaja zaman dahulu pada saat sebelum adanya perkembangan teknologi terutama gadget. Penelitian ini dimaksud untuk 1) mengetahui penggunaan gadget di SMK Al-Huda Kota Kediri. 2) mengetahui perilaku sosial siswa di SMK Al-Huda Kota Kediri. 3) mengetahui Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMK Al-Huda Kediri.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitiannya di SMK Al-Huda Kota Kediri. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 470 siswa dan diambil sampel 117 siswa yang berpedoman pada teknik sampling yang dikemukakan Suharsimi Arikunto. Instrumen yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis korelasi Kendall's Tau.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Tingkat penggunaan gadget siswa kelas X di SMK Al-Huda Kota Kediri berada pada kategori tinggi, dengan nilai rata-rata 43,83 2) Tingkat perilaku sosial siswa kelas X di SMK Al-Huda Kota Kediri berada pada kategori baik, dengan nilai rata-rata 45,74. 3) Tidak terdapat pengaruh negatif penggunaan gadget terhadap perilaku sosial, karena skor koefisien korelasi 0,116 lebih kecil dibandingkan skor t tabel.
Tidak tersedia versi lain