Text
Peran Dosen Micro Teaching Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Mahasiswa Semester 7 Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri
Idealisme menjadi guru yang professional syaratnya harus memiliki empat kompetensi, kompetensi tersebut meliputi, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui bangku perkuliahan. Peran dosen micro teaching berusaha menjelaskan dan juga menanamkan kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dosen micro teaching dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mahasiswa semester 7 program studi pendidikan agama Islam fakultas tarbiyah IAIN Kediri dan mengetahui kendala dosen micro teaching selama proses pembelajaran micro teaching.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus tentang peran dosen micro teaching dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kemampuan profesional mahasiswa semester 7 progam studi Pendidikan agama Islam fakultas tarbiyah IAIN Kediri. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dalam penelitian ini 1) Peran dosen micro teaching dalam meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa micro teaching yang meliputi: peran dosen dalam memahami kemampuan setiap mahasiswa selama proses pembelajaran micro teaching, peran dosen dalam mengelola alokasi pembelajaran micro teaching, dosen menerapkan kedisiplinan kepada semua mahasiswa micro teaching dan dosen merespon mahasiswa ketika pembelajaran micro teaching. 2) Peran dosen micro teaching dalam meningkatkan kompetensi professional mahasiswa micro teaching yang meliputi; Peran dosen dalam menyampaikan metode dan konsep dalam menjelaskan rancangan pembelajaran, dosen memberi nilai mahasiswa micro teaching dan dosen mengevaluasi pembelajaran micro teaching serta rancangan pembelajaran yang sudah dibuat mahasiswa. 3) Kendala ketika pembelajaran micro teaching yaitu a) masih kurangnya fasilitas ruang micro teaching dan LCD atau proyektor, b) dari mahasiswanya sendiri.
Tidak tersedia versi lain