Text
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem
Fokus penelitian yang digunakan adalah (1) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem (2) Faktor penghambat Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem (3) Faktor pendukung Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah Guru PAI, dan perwakilan siswa terkait upaya yang dilakukan oleh Guru PAI dalam menanamkan karakter religius yang melalui kerohanian Islam. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan upaya menanamkan karakter religius melalui kerohanian Islam.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1)Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem adalah mengadakan kegiatan kajian Islam, mengadakan khataman Al-qur'an, memperingati hari besar Islam (PHBI), mengadakan tadabur alam, wajib sholat jum'at di sekolah, membaca Al-quran dan surat-surat pendek sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas, guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang mudah dipahami peserta didik, selalu memberikan wejangan atau motivasi kepada para peserta didiknya, dan mengadakan pondok romadhon. Faktor penghambat dan pendukung Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem adalah: (2)Faktor penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya menanamkan karakter religius peserta didik melalui kerohanian Islam adalah kurangnya fasilitas yang berhubungan dengan sarana prasarana, kesadaran dari peserta didik yang kurang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, pengaruh dari lingkungan keluarga, dan kurangnya kerjasama antar guru. (3)Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya menanamkan karakter religius peserta didik melalui kerohanian islam adalah adanya fasilitas tempat ibadah, adanya dukungan dari pihak sekolah, dan saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam guru tidak hanya menyampaikan materi saja melainkan memberikan motivasi, wejangan ataupun pengalaman yang bisa diambil hikmahnya.
Tidak tersedia versi lain