Text
Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata Di SMPN 1 Diwek Jombang
Kesadaran lingkungan merupakan aspek penting yang wajib dimiliki oleh setiap manusia. Minimnya kesadaran lingkungan yang dimiliki manusia mengakibatkan terjadinya bencana, jika lingkungan rusak maka manusia yang akan celaka. Program adiwiyata merupakan program unggulan SMPN 1 Diwek Jombang, dalam program tersebut upaya kepala sekolah sebagai pemimpin sekaligus penggerak dan pendorong program adiwiyata. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah di SMPN 1 Diwek Jombang?, 2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah melalui program adiwiyata di SMPN 1 Diwek Jombang, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah melalui program adiwiyata di SMPN I Diwek Jombang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif ini peneliti dapat menjabarkan seluruh data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah di SMPN 1 Diwek Jombang sudah dimiliki mayoritas siswa, 95% siswa sadar lingkungan. Hal tersebut dapat dilihat dari pengetahuan siswa mengenai lingkungan dimana siswa memiliki pengetahuan bagaimana merawat dan menjaga lingkungan dengan baik, sikap dan perilaku siswa terhadap lingkungan yang dimana siswa selalu berpartisipasi dalam membersihkan dan merawat lingkungan sekolah, dan gaya hidup yang peduli dan cinta lingkungan dimana siswa selalu menerapkan gaya hidup dengan selalu membuang sampah pada tempatnya dan selalu mencuci tangan 2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kesadaran siswa yaitu: (a) educator (penyadaran, pembiasaan dan penguatan (b) manajer (penyusunan kebijakan berwawasan lingkungan, memberdayakan siswa menjadı kader lingkungan), (c) innovator (menciptakan sarana pendukung ramah lingkungan), (d) motivator (pemberian motivasi positif kepada siswa agar senantiasa mengikuti kegiatan berbasis lingkungan, (e) figure (pemberian panutan dan suri tauladan yang baik). 3) Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah yaitu. (a) kebijakan sekolah berwawasan lingkungan (b) kerja sama stakeholder, (c) sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: (a) adanya siswa baru ditahun ajaran baru, (b) kurangnya kesadaran siswa, (c) perbedaan komitmen dan mainsed personil sekolah.
Tidak tersedia versi lain