Text
Penanaman Religiusitas Pada Anak Di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Babat
Fokus penelitian ini meliputi bagaimana penanaman religiusitas pada anak di panti asuhan putri Aisyiyah Babat. Sehingga ide utama dalam penelitian ini dapat diklarifikasikan menjadi: pertama menjelaskan bagaimana religiusitas anak di panti asuhan putri aisyiyah, kedua mengemukakan cara panti asuhan atau pengasuh panti dalam menanamkan religiusitas anak asuh di panti asuhan. Ketiga. mengetahui apa saja dukungan dan hambatan yang diperoleh saat menanamkan religiusitas anak asuh di panti asuhan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data, diambil dari pengelola atau pendiri panti asuhan, pengasuh, dan anak asuh, serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Sedangkan analisis data menggunakan display data, reduksi data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa: 1) religiusitas anak di panti asuhan Aisyiyah dapat dilihat dari aspek dimensi-dimensi religiusitas yakni dimensi keyakinan, ritual praktik ibadah, pengalaman, pengetahuan, pengalaman dan nilai-nilai religiusitas yakni nilai ibadah, jihad, akhlak kedisiplinan, keteladanan yang telah dilakukan atau ada dalam diri anak 2) cara yang digunakan panti asuhan atau pengasuh dalam penanaman religiusitas pada anak asuh yakni dengan metode keteladanan, pembiasaan, proses belajar mengajar, nasihat, arahan pengawasan, dan hukuman. 3) dukungan yang diperoleh dalam proses penanaman religiusitas pada anak di panti asuhan Aisyiyah yakni anak asuh yang taat peraturan, harapan yang sama antara pengasuh dan anak asuh, pembiasaan, fasilitas dan lingkungan yang memadai, serta adanya kasih sayang
yang tulus dalam pengasuhan. Adapun faktor penghambat yang ditemukan yakni: beberapa anak asuh yang melanggar peraturan, karakteristik anak asuh yang berbeda-beda, pergaulan yang tidak baik, anak asuh yang kurang memiliki kesadaran tanggung jawab.
Tidak tersedia versi lain