Text
Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Di SMPN 8 Kediri
Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) banyak anak yang belum bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar yang sesuai dengan tajwid dan makhorijul huruf. Program Fullday School Yg menjadi alasan bagi anak anak untuk tidak mengikuti kegiatan mengaji. Sebuah Lembaga Pendidikan yang formal menginginkan lulusan dari lembaga tersebut bisa mengaji dengan baik dan benar, yang sesuai dengan tajwid dan makhorijul huruf.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur'an di SMPN 8 Kediri, penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an di SMPN 8 Kediri dan Implikasi atau hasil Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di SMPN 8 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januan sampai Juli 2020.
Jenis Penelitiannya adalah metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan kesalahan data menggunakan triangulasi, triangulasi terbagi menjadi tiga tahapan yaitu triangulasi sumber, teknik (metode) dan waktu. Sedangkan untuk analisisnya dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an ada 3 yaitu pengurangan jadwal pembelajaran, membuat jadwal metode ummi dan prosedur siswa sebelum menerapkan menerapkan metode ummi 2) Pelaksanaan metode dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan menggunakan tahapan. Tahapan yang harus dilalui ada 7. yaitu apresepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, dan juga penutup. di Hari Selasa dan Kamis yang setiap sesi berlangsung selama 80 menit 3) Implikasi atau Hasil dari penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an mengalami peningkatan yang baik.
Tidak tersedia versi lain