Text
Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Haid Melalui Pembelajaran Kitab Risalatul-Mahid Di Madin Taswirul Afkhar Kemuning-Gurah
Salah satu langkah yang diambil oleh guru dalam meningkatkan pemahaman siswi yakni materi haid dengan memberikan pembelajaran kitab Risalatul-Mahid sebagai bahan pembelajaran. Didalam skripsi ini membahas tentang Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Haid Melalui Pembelajaran Kitab Risalatul-Mahid Di Madin Taswirul Afkhar Kemuning-Gurah. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaiamana pelaksanaan pembelajaran kitab Risalatul-Mahid dalam meningkatkan pemahaman materi haid di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah? 2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan pemahaman materi haid melalui pembelajaran Kitab Risalatul-Mahid di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning-Gurah? 3) Bagaimana tingkat pemahaman materi haid pada siswi melalui pembelajaran kitab Risalatul-Mahid di Madrasah Diniyah Taswirul Afkar Kemuning Gurah?
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning-Gurah. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kitab Risalatul-Mahid, kepala Madin, serta beberapa siswi Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning-Gurah. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, 1) Proses pelaksanaan pembelajaran kitab Risālatul-Mahid materi haid menggunakan
metode bandongan, metode sorogan, metode ceramah, penugasan, dan diselingi dengan pemberian contoh serta tanya jawab. 2) Peran guru dalam meningkatkan pemahaman materi haid melalui pembelajaran kitab Risälatul-Mahid di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah yaitu : pemberian metode bandongan, metode sorogan, metode ceramah, tanya jawab, penugasan serta pemberian lembaran fotokopi jadwal sholat yang wajib dikerjakan saat berhentinya haid untuk ditempelkan disetiap di kamar siswi agar semakin paham. 3) Tingkat pemahaman materi baid pada siswi melalui pembelajaran kitab Risälatul-Mahid di
Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah menunjukkan bahwa hasil yang baik, yang mana siswa sebelumnya kurang memahami terkait materi-materi haid, dengan menggunakan kitab tersebut mejadikan siswa lebih memahami materi yang disampaikan, dan pemahaman siswa masuk kategori baik.
Tidak tersedia versi lain