Text
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswaa Kelas XI di SMK YP 17 Pare
Faktanya dalam dunia pendidikan, ukuran keberhasilan belajar hanya terletak pada prestasi belajar yang dinyatakan dalam raport, melainkan juga terletak pada perubahan sikap dan perilaku ke arah yang lebih baik. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam ini adalah (1) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa kelas XI di SMK YP 17 Pare? (2) Apa Faktor Penghambat dan Solusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa kelas XI di SMK YP 17 Pare?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa, faktor penghambat dan solusi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMK YP 17 Pare Subjek penelitian sebanyak 2 orang guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah/Waka Kurikulum, 1 Orang Wali Kelas XI, dan juga 2 siswa kelas XI Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Analisis deskriptif. Desain Penelitianya adalah Studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan logika induktif, yakni dari khusus ke umum
Dari hasil penelitian bahwa : 1) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa antara lain (a) Mengenali dan Mengelola Emosi, (b) motivasi diri, (b) membina hubungan 2) faktor penghambat dan solusi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa : 1) faktor penghambat: (a) faktor keluarga dan (b) faktor lingkungan. 2) Adapun solusi guru pendidikan agama islam dalam meningkatakan kecerdasan emosional yaitu: (a) guru memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa, (b) membangun kedekatan emosional dengan siswa. (c) menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun)
Tidak tersedia versi lain