Text
Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan
Pemimpin visioner adalah pemimpin yang menciptakan, mengartikulasikan, dan membangun rencana tindakan bagi perubahan organisasi. Kemampuan memahami dan mengantarkan pada pencapaian tujuan terletak pada kepemimpinan sekolah. Salah satu langkah bagi pemimpin visioner adalah menganalisis semua area organisasi yang membutuhkan perbaikan. Pemimpin sekolah visioner adalah seorang yang memfasilitasi diskusi-diskusi dengan stakeholder mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi oleh sekolah. Keberhasilan sekolah sangat bergantung kepada sekolah untuk memimpin dengan visi. Pemimpin visioner mengetahui apa saja yang terbaik bagi siswa, sekolah, dan komunitas sekolah serta membuat keputusan-keputusan berdasarkan keyakinan-keyakinan yang digunakan untuk mengembangan visi. Pemimpin visioner sangat memahami arah dan tujuan sekolah, dan keputusan-keputusan mengenai tindakan-tindakan masa depan dibuat berdasarkan visi sekolah. Pemimpin visioner adalah seseorang yang bekerja menginspirasi dan memberdayakan semua orang di semua level dalam organisasi sambal memimpin proses perubahan. Visi personal pemimpin titik awal bagi pembahasan-pembahasan mengenai perubahan yang dilakukan bersama guru-guru, staf, dan stakholders. Pembahasan-pembahasan tentang perubahan ini menuntun bagi formasi visi bersama. Pemimpin visioner memiliki kemampuan menggunakan tujuan-tujuan sekolah untuk mengembangan dan menghidupkan visi melalui kerja sama dengan stakholders untuk membahas sejumlah agenda pilihan dan memciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua siswa dan seluruh staf. Pemimpin visioner memastikan bahwa visi difokuskan pada semua staf supaya terlibat dan memahami peran mereka yang vital bagi organisasi. Aspek lain dari peran pemimpin visioner adalah memberi dukungan kepada staf dalam memahami bagaimana menyediakan pengajaran produktif yang akan memberi motivasi bagi siswa untuk mempelajari pelajaran yang tinggi. Kepala sekolah visioner yang memimpin dengan visi yang kuat tidak merasa takut menyatakan “Ini adalah sesuatu yang saya yakini ; Ini adalah sesuatu yang dapat disempurnakan oleh sekolah ; Ini yang akan dicapai oleh sekolah dalam waktu satu tahun, lima tahun, dan sepuluh atahun”. Visi adalah tenaga penggerak yang menuntun, menggoda, mengarahkan, dan memfasilitasi pencapaian.
Tidak tersedia versi lain