Text
Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Grabbike (Studi Kasus Pada Konsumen Grabbike Santri Ma'had Darul Hikmah Ngronggo Kota Kediri)
Harga adalah sejumlah uang atas suatu produk atau jasa, yang diberikan kepada konsumen untuk mendapatkan manfaat dari suatu produk atau jasa tersebut Sedangkan kepuasan pelanggan merupakan tingkat perasaan senang seseorang terhadap kinerja atau hasil produk atau jasa yang diterima. Jika manfaat produk atau jasa tersebut melebihi harapan maka konsumen akan sangat puas, jika manfaat produk tersebut memenuhi harapan maka konsumen akan puas, jika manfaat produk atau jasa tidak memenuhi harapan maka konsumen kecewa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga, kepuasan konsumen serta pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen Grabbike pada Santri Ma'had Darul Hikmah Ngronggo Kota Kediri
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah santri pengguna jasa ojek online Grabbike. Sampel penelitian berjumlah 66 responden Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana dan analisis korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini variabel harga (X) termasuk dalam kategori cukup murah dengan nilai rata-rata sebesar 73,67 yang berada diantara skor 71,379 dan 75,961 dan variabel kepuasan konsumen (Y) termasuk dalam kategori cukup puas dengan nilai rata-rata sebesar 81,79 yang berada diantara skor 79,365 dan 84.215. Dari hasil perhitungan korelasi menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,567 yang berarti berkorelasi sedang Analisis data menggunakan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y=37,559+0,600X. Adapun hasil perhitungan uji T menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen. Dengan nilai pengaruh sebesar 32,2%, sedangkan sisanya sebesar 67,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini seperti kualitas produk, kualitas pelayanan, emosi dan biaya.
Tidak tersedia versi lain