Text
Strategi Distribusi Hasil Ekonomi Kreatif Rotan Sintetis Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UD. Setia Kediri)
Perkembangan pada ekonomi kreatif mutlak diperlukan untuk meningkatkan perekonomian suatu negara. Ekonomi kreatif menitikberatkan pada pengoptimalan kreativitas, inovasi serta ketersediaan sumberdaya sebagai faktor produksi utama menjalankan kegiatan ekonomi. Strategi distribusi merupakan salah satu strategi pemasaran guna memperlancar penyaluran barang, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan volume penjualan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi distribusi yang dilakukan pada usaha rotan sintetis UD. Setia Kediri dan juga untuk mengetahui bagaimana peran strategi distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada usaha rotan sintetis UD. Setia Kediri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan. Kegiatan ini meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing or verification). Data dicek keabsahannya dengan tiga cara yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti. ketentuan pengamatan, serta triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi distribusi yang diterapkan pada UD. Setia Kediri yaitu strategi distribusi langsung, selektif, fisik, bargaining strategy dan superordinate goal strategy. Dengan penerapan strategi distribusi pada usaha rotan sintetis UD. Setia Kediri ini menunjukkan adanya kenaikan volume penjualan.
Tidak tersedia versi lain