Text
Peran Strategi Personal Selling Dalam Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus Home Industry Roti Hero Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk)
Penjualan produk yang menguntungkan merupakan sumber kehidupan jangka menengah dan panjang bagi setiap perusahaan. Maka setiap perusahaan selalu menetapkan dan menerapkan strategi dan cara pelaksanaan kegiatan pemasarannya Dengan personal selling atau penjualan langsung merupakan salah satu bauran pemasaran dan merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan dilakukan produk Home Industry. Kegiatan promosi personal selling yang skan perusahaan akan berusaha untuk membujuk calon pembeli atas produk yang dipasarkan, dalam hal ini perusahaan melakukan komunikasi dengan para konsumen Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi personal selling di Home Industry Roti Hero Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk? 2). Bagaimana peran strategi personal selling dalam meningkatkan penjualan di Home Industry Roti Hero Desa ngadiboyo Kecamatan Rejoso
Kabupaten Nganjuk? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dalam memperoleh data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi promosi yang digunakan olch Home Incestry Roti Hero yaitu menggunakan personal selling yaitu, sales harus mendatangi tempat-tempat yang telah menjadi sasaran penjualan, memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan melakukan kunjungan yang rutin, barang sisa (bs) yang diretur oleh sales maksimal 10% dari pembawaan, target penjualan yang ditetapkan untuk setiap tenaga personal selling harus menyajikan produk dan menghasilkan uang senilai Rp 400 000 dalam perhari. menggunakan personal selling di Home Industri Roti inovasi produk, pemasaran yang efektif. 2) Pemasaran Hero dengan dan memberikan melakukan pelayanan yang baik kepada pelanggan mampu meningkatkan jumlah pelanggan, dimana hal ini telah mempengaruhi jumlah penjualan. Berdasarkan data penjualan tahun 2016-2019 presentasenya meningkat dari tahun ke tahun yaitu, tahun 2016 sebesar 22% tahun 2017 sebesar 24%, tahun 2018 sebesar 25%, tahun 2019 sebesar 27% Schingga setiap tahunnya penjualan Roti Hero mengalami peningkatan sekitar 2%. Dengan demikian pemasaran menggunakan strategi personal selling di Home Industry Roti Hero dapat dikatakan berhasil.
Tidak tersedia versi lain