Text
Pengaruh Persepsi dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembeli Dertergen Rinso (Studi Pada Konsumen Prima Swalayan Nganjuk)
Persepsi merupakan proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan, dan menginterprestasikan informasi guna membentuk gambaran berarti mengenai dunia. Kelompok referensi dapat diartikan sebagai kelompok-kelompok yang mempunyai pengaruh langsung atau pengaruh tidak langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang. Keduanya dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada suatu produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Konsumen. Kelompok Referensi. Keputusan Pembelian, pengaruh Persepsi terhadap Keputusan pembelian, pengaruh Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian, serta pengaruh Persepsi dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Detergen Rinso pada Konsumen Prima Swalayan
Penelitian Ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis
korelasi dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Persepsi masuk dalam ketegori cukup, variabel Kelompok Referensi menunjukkan kategori cukup, dan variable Keputusan Pembelian menunjukkan kategori cukup Dari hasil perhitungan diketahui bahwa secara parsial persepsi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian Produk detergen Rinso Hal ini diketahui dari nilai t hitung sebesar 2,108 sedangkan t tabel diperoleh sebesar 1660 dan signifikansi 0.038 yakni t hitung > dari t tabel dan signifikansi < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa persepsi berpengaruh terhadap keputusan pembelian detergen Rinso Dan kelompok referensi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian Produk detergen Rinso diketahui dari Hal ini diketahui dari nilai t hitung sebesar 5,992 sedangkan t tabel diperoleh sebesar 1.660 dan signifikansi 0,000 yakni t hitung > dari t tabel dan signifikansi < 0,05. Adapun secara simultan persepsi dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian detergen Rinso pada Konsumen Prima Swalayan. Variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel persepsi dan kelompok sebesar 38.4% sedangkan 61,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini (tidak diteliti)
Tidak tersedia versi lain