Text
Pengaruh Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas (Studi Kasus Member Sophie Paris Sub Bussines Center Titien R. Ngadiluwih)
Kelompok referensi akan memberikan standar dan nilai yang akan mempengaruhi perilaku seseorang. Dalam perspektif pemasaran, kelompok referensi adalah kelompok yang berfungsi sebagai referensi bagi seseorang dalam keputusan pembelian dan konsumsi. Pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian timbul karena adanya kebutuhan dan keinginan untuk memiliki suatu produk barang atau jasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 110 responden yang menggunkan produk tas Sophie Paris. Adapun metode pengambilan sampel dengan metode simple random sampling
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan deskriptif distribusi frekuensi diperoleh hasil nilai frekuensi kumulatif sebesar 75,5% menyatakan kelompok referensi member Sophie Paris Sub Bussines Center Titien Ngadiluwih pada produk tas dalam kategori baik. Berdasarkan deskriptif distribusi frekuensi diperoleh hasil nilai frekuensi kumulatif sebesar 68,2% menyatakan keputusan pembelian produk aspada member Sophie Paris Sub Bussines Center Titien Ngadiluwih termasuk dalam kategori tinggi.
Dari analisis korelasi nilai uji korelasi pearson sebesar 0,746dan nilai signifikansi 0,000 artinya terdapat hubungan yang kuat. Serta hasil uji nilai thitung 11,647> teabel 1,98177 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Uji regresi linier nenghasilkan persamaan Y = 16,804 + 0,809X. Dari uji F diperoleh nilai sebesar 135,650 dengan nilai signifikansi 0,000 artinya variabel ndependen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinansi R Square 0,557 artinya variabel X mampu mempengaruhi variabel Y sebesar 55,7% sedangkan sisanya 44,3% dipengaruhi faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Ha diterima artinya, terdapat pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk tas (Studi Kasus Member Sophie Paris Sub Bussines Center Titien R. Ngadiluwih).
Tidak tersedia versi lain