Text
Pengaruh Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Bakpia (Studi pada Konsumen UD. GAGAH di Kediri)
Industri makanan selalu menjadi andalan untuk mendongkrak pertumbuhan industri setiap tahunnya. Salah satunya bisnis makanan yakni bakpia. Produk merupakan faktor penting dalam keputusan pembelian, karena konsumen akan membeli suatu produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Selain produk, promosi juga sangat mempengaruhi konsumen Promosi adalah aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan untuk membeli produk. Promosi dengan strategi yang tepat akan menarik konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 100 responden pada konsumen UD GAGAH di Kediri Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan variabel produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian bakpia pada UD GAGAH di Kediri. Nilai uji korelasi pearson sebesar 0,776 dan nilai signifikansi 0,000 artinya terdapat hubungan yang kuat. Serta hasil uji nilai t hitung - 8,819 > tubel -1,66023 dengan nilai signifikansi 0,000 Fube3,09 dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka Ho ditolak dan H, diterima. Sedangkan R ditentukan hasil 0,679 artinya besarnya pengaruh variabel produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 67,9%. Sedangkan sisanya 32,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini, yaitu harga dan lokasi.
Tidak tersedia versi lain