Text
Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Sabun Detergen So Klin (Studi pada santri putri di pondok pesantren Al Ishlah As Suyuti Dusun Dlopo, Desa Karangrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri)
Harga merupakan faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Karena konsumen sebelum memutuskan membeli barang atau menggunakan jas selalu mempertimbangkan harga. Kualitas produk juga tentunya merupakan hal penting yang harus diusahakan oleh setiap perusahaan jika ingin yang dihasilkan dapat bersaing di pasar untuk juga memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Tujuan dari pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dan secara parsial pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Dan penelitian ini juga untuk mengetahui secara simultan pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini dikatagorikan sebagai penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan motode kuisionetangket terhadap 78 responden yang menggunakan sabun detergen bubuk So Klin menggunakan teknik Nonpropability sampling. Kategori Variabel harga (X) termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-ratanya 52.19. Variabel kualitas produk (X) termasuk dalam katagori cukup dengan nilai rata-ratanya 4533. Variabel kepuasan konsumen () kategori cukup dengan nilai rata-ratanya 53.42. Hasil penilitian ini menyimpulkan harga, kualitas produk dan kepuasan konsumen berada dalam kategori cukup. Variabel Harga (X) tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, sedangkan untuk variabel kualitas produk (3) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen. Perolehan koefesien determinasi (Rsquare) sebesar 600% atau 60,0%, maka pengaruh variabel independen secara serentak terhadap variabel Y dependen sebesar 60.0% sedangkan yang 40% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian yaitu emosi dan biaya.
Tidak tersedia versi lain