tabel = 1,65882 maka H0 ditolak dan Hal diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan variabel lokasi (XI) terhadap variabel keputusan pedagang (Y). Dan diketahui bahwa nilai signifikan t (0,000 < 0.05) dengan hasil thulung = 5,070 > tubel =1,65882 maka HO di tolak dan Ha2 diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan variabel promosi (X2) terhadap variabel Keputusan pedagang (Y). Berdasarkan uji signifikansi R Square yang telah dilakukan. Hasilnya, promosi dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pedagang di Pasar Pahing dalam memilih pembiayaan murabahah sebesar 0,794 atau 79,4%. Sehingga diperoleh hasil bahwa sebesar 79,4% keputusan pedagang dipengaruhi oleh variabel lokasi dan promosi, sedangkan sisanya 20,6% dipengaruhi oleh variable-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti harga dan produk." />
Text
Pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Pembiayaan Murabahah "Modal Usaha Barokah" (Studi pada BMT UGT Sidogiri Cabang Pasar Pahing Kediri)
Lokasi dan promosi sangatlah penting bagi sebuah perusahaan maupun sebuah lembaga Karena tempat yang strategis mampu menarik konsumen Konsumen lebih dominan menyukai tempat yang dekat dengan tempat usaha mereka maupun yang mudah dijangkau oleh mereka. Dan promosi sebagai media informasi bagi masyarakat untuk mengetahui tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan atau lembaga sehingga konsumen merasa tertarik dan mau membeli produk atau jasa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel lokasi dan promosi terhadap keputusan memilih pembiayaan murabahah "Modal Usaha Barokah" pada BMT UGT Sidogiri Cabang Pasar Pahing Kediri Metode yang digunakan kuantitatif, instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada responden. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini pedagang di Pasar Pahing yang melakukan pembiayaan murabahah “Modal Usaha Barokah” di BMT UGT Sidogiri Kediri sebanyak 150 orang (responden). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data diolah menggunakan analisis deskriptif data, uji validitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis
Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi terbentuk adalah Y= 10,314 + 0,623 X + 0,268 X2 Jika lokasi mengalami peningkatan satu satuan maka keputusan pedagang akan naik sebesar 0,623 dan Jika promosi mengalami peningkatan satu satuan maka keputusan pedagang akan naik sebesar 0.268. Menurut hasil uji T diketahui bahwa nilai signifikan t (0,000 < 0,05) dengan hasil thitung = 13,286 > tabel = 1,65882 maka H0 ditolak dan Hal diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan variabel lokasi (XI) terhadap variabel keputusan pedagang (Y). Dan diketahui bahwa nilai signifikan t (0,000 < 0.05) dengan hasil thulung = 5,070 > tubel =1,65882 maka HO di tolak dan Ha2 diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan variabel promosi (X2) terhadap variabel Keputusan pedagang (Y). Berdasarkan uji signifikansi R Square yang telah dilakukan. Hasilnya, promosi dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pedagang di Pasar Pahing dalam memilih pembiayaan murabahah sebesar 0,794 atau 79,4%. Sehingga diperoleh hasil bahwa sebesar 79,4% keputusan pedagang dipengaruhi oleh variabel lokasi dan promosi, sedangkan sisanya 20,6% dipengaruhi oleh variable-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti harga dan produk.
Tidak tersedia versi lain