Text
Peranan Pengembangan Produk Sanitary dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UD. Sampun Mapan Kota Kediri)
Bagi suatu perusahaan, sangatlah berbahaya jika di dalam kondisi persaingan global hanya mengandalkan produk yang ada tanpa usaha tertentu untuk pengembangannya. Oleh karena itu, setiap perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan volume penjualan dan share pasarnya, perlu mengadakan usaha penyempurnaan dan perubahan produk yang dihasilkan ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan dayaguna dan daya pemuas serta daya tarik yang lebih besar. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengembangan produk yang dilakukan oleh UD. Sampun Mapan Kota Kediri dan Untuk mengetahui peranan pengembangan produk yang dilakukan oleh UD. Sampun Mapan Kota Kediri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif- kualitatif, menggunakan pendekatan kualitatif. Data dan informasi yang diperoleh dengan menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dokumentasi diperoleh dari data volume penjualan UD. Sampun Mapan yang diolah, dan data perusahaan lainnya yang mendukung, dan wawancara yang dilakukan dengan bertanya kepada Ibu Mariyani selaku owner UD. Sampun Mapan Kota Kediri, Mbak Wilda selaku manager bagian produksi, Mbak Desy selaku manager bagian pemasaran dan Mbak Asna selaku manager bagian ceki barang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah pengembangan produk yang dilakukan dalam meningkatkan volume penjualan produk sanitary UD. Sampun Mapan berkaitan erat dengan pengembangan produk dan penjualan. Hal ini dapat dilihat dari data penjualan yang cenderung banyak mengalami peningkatan. Karena dengan pengembangan produk usaha ini tidak akan mengalami penurunan penjualan yang terlalu banyak. Sebaliknya, pengembangan produk dapat membantu meningkatkan volume penjualan. Selain itu, UD. Sampun Mapan tidak perlu ragu dalam melakukan suatu pengembangan produk, karena volume penjualan (dalam Rp) ternyata naik secara signifikan melebihi dari taksiran harga yang telah ditetapkan (20% dari tahun sebelumnya) dan volume penjualan terbesar terjadi pada tahun 2018, yaitu sebesar 988.897.980 atau visible.
Tidak tersedia versi lain