Text
Pengaruh Produk Fashion Involvement terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus pada Mahasiswi Pondok Pesantren Al-Amien Kediri)
Impulse buying adalah perilaku seseorang dimana orang tersebut tidak merencanakan sesuatu pembelian. Mereka melakukan pembelian saat itu juga tanpa berfikir akan suatu produk atau merek tertentu. Perkembangan fashion di Indonesia sangat pesat dengan mengikuti tren yang silih berganti. Dampak adanya perkembangan fashion menjadikan masyarakat untuk selalu mengikuti tren yang ada. Ketika seorang mahasiswa terlibat akan suatu fashion dalam setiap produk yang digunakan menjadikan mahasiswa untuk tampil fashionable. Penelitian ini akan mengkaji:1) bagaimana produk Produk Fashion Involvement pada Mahasiswi Ponpes al-Amien Kediri? 2) bagaimana Perilaku Impulse pada Mahasiswi Ponpes al-Amien Kediri? 3) bagaimana pengaruh produk fashion involvement terhadap perilaku impulse buying pada Mahasiswi Ponpes al-Amien Kediri?
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh Mahasiswi Pondok Pesantren al-Amien Kediri yang berjumlah 191 santri, pengambilan sampel menggunakan metode rondom sampling dengan jumlah sampel 129 santri, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik keabsahan data mengunakan uji validitas dan reabilitas. Pengujian statistik dengan analisis uji asumsi (normalitas, autokorelasi, heteroskodostisitas), Teknik analisis menggunakan regresi sederhana, uji hipotesis (uji F, uji T) dan uji determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara produk fashion involvement dengan perilaku impulse buying. Hal ini terlihat dari signifikansi uji t sebesar sig 0,00
Tidak tersedia versi lain