Text
Pengaruh Harga dan Produk terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng (Studi pada Konsumen TOP Swalayan Pare Kediri)
Swalayan adalah melayani sendiri, artinya setiap konsumen yang datang untuk berbelanja di toko swalayan harus melayani dirinya sendiri. Konsumen mencari barang (produk) yang dicari dengan menggunakan keranjang/trolly yang disediakan, kemudian membawa barang tersebut ke meja kasir untuk melakukan proses pembayaran Harga produk bagi swalayan merupakan faktor yang penting untuk menarik konsumen. Selain harga, produk juga sangat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian Produk memiliki atribut produk yakni variasi produk yang juga dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif Sampel diambil sebanyak 100 responden konsumen Top swalayan Pare. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket kepada responden konsumen Top swalayan Pare yang melakukan pembelian minyak goreng. Metode analisis yang digunakan dalam peneltian ini adalah uji validitas, reliablitas, uji asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, multikolinientas, heteroskedastistas) korelasi, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan variabel harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian minyak goreng di Top Swalayan Pare Kediri. Serta hasil uji nilai tutam -5,395 - 1.66023 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H. diterima. Dari hasil penelitian menunjukkan variabel variasi produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian minyak goreng di Top Swalayan Pare Kediri. Serta hasil uji thung 8,461>tabel 1,66023 dengan nilai signifikansi 0,001Fube 3,09 dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka Hos ditolak dan H diterima. Sedangkan R ditemukan hasil 0,713 artinya besarnya pengaruh variabel harga dan variasi produk terhadap keputusan pembelian sebesar 71,39%. Sedangkan sisanya 28,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini, yaitu promosi dan tempat.
Tidak tersedia versi lain