Text
Pengaruh Emotional Bonding terhadap Loyalitas Konsumen pada Merek Mie Sedaap (Studi Kasus pada Santriwati Pondok Pesantren Al-Amien Kediri)
Emotional Bonding (ikatan emosi) dapat didefinisikan dimana konsumen dapat terpengaruh oleh sebuah merek yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga konsumen dapat diidentifikasikan dalam sebuah merek, karena sebuah merek dapat mencerminkan karakteristik konsumen tersebut. Ikatan yang tercipta dari sebuah merek ialah ketika konsumen merasakan ikatan yang kuat dengan konsumen lain yang menggunakan produk atau jasa yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Emotional Bonding santriwati Ponpes Al-Amien Kediri pada merek Mie Sedaap, dan mengetahui loyalitas konsumen santriwati Ponpes Al-Amien Kediri pada merek Mie Sedaap. Serta untuk mengetahui pengaruh Emotional Bonding terhadap loyalitas konsumen pada merek mie sedaap pada santriwati Ponpes Al-Amien Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Sampel pada penelitian ini adalah 63 responden. Berdasarkan hasil penelitian Emotional Bonding dan Loyalitas Konsumen pada santriwati Ponpes Al-Amien Kediri dikategorikan cukup, berdasarkan rumus korelasi diperoleh nilai r pada variabel Emotional Bonding (X) yaitu 0,538 dan signifikasi 0,000, nilai r Variabel Loyalitas Konsumen (Y) yaitu 0,538 dan signifikasi 0,000 berarti pengaruh antara variabel Emotional Bonding (X) dan Loyaliats Konsumen (Y) searah positif dan signifikan. Hasil analisis menggunakan rumus regresi linier sederhana diperoleh hasil adanya pengaruh Emotional Bonding sebesar 28,9% terhadap Loyalitas Konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa Emotional Bonding cukup berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen Santriwati Ponpes Al-Amien Kediri. Sisanya 71,1% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor kepuasan, kepercayaan, kemudahan dan pengalaman.
Tidak tersedia versi lain