Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen DKU Donuts Cafe Jombang
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya, jika konsumen puas maka akan menimbulkan pembelian ulang. DKU Donuts Cafe Jombang merupakan salah satu toko roti berkonsep cafe yang sudah berdiri sejak tahun 2009 dan memiliki banyak cabang di berbagai kota besar. Hal ini menunjukkan DKU Donuts Cafe Jombang mampu mempertahankan pangsa pasar dalam persaingan bisnis. Jumlah konsumen juga selalu meningkat setiap tahun. Peningkatan jumlah konsumen tersebut karena kualitas pelayanan yang diberikan DKU Donuts Cafe Jombang membuat konsumen merasa puas jika dibandingkan dengan cafe lain di sekitarnya yang memiliki standart pelayanan yang sama. Berawal dari konteks ini, maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kualitas pelayanan di DKU Donuts Cafe Jombang ?, (2) Bagaiaman kepuasan konsumen DKU Donuts Cafe Jombang 2, (3) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen DKU Donuts Cafe Jombang ?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Sumber data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan pada 100 konsumen DKU Donuts Cafe Jombang. Analisis data dilakukan dengan cara pengujian validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, korelasi, regresi, dan uji L
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X) dan variabel Kepuasan (Y) valid dan reliabel. Hasil uji kolerasi terdapat hubungan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen sebesar 0,316. Dengan rumus regresi diperoleh persamaan Y = 12,486 + 0,304X. Kesimpulanya Ha diterima artinya terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen DKU Donuts Cafe Jombang. Kualitas Pelayanan di DKU Donuts Cafe Jombang dalam katagori cukup. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan sebesar 10% terhadap kepuasan konsumen di DKU Donuts Cafe Jombang Sedangkan sisanya 90% dipengaruhi olch variabel lain yang tidak dijelaskan oleh variabel bebas. Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan tidak hanya kualitas pelayanan semata, tetapi juga kualitas produk dan harga. Nilai R square yang kecil menunjukkan kemampuan variabel-variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen sangat terbatas. R square yang rendah selain karena faktor statistik, juga dapat karena faktor metodologis.
Tidak tersedia versi lain