Text
Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas Unggulan MTSN 2 Kota Kediri
Kelas Unggulan merupakan kelas yang berisi sekelompok anak yang memiliki prestasi menonjol guna mendapat pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya. Karena dianggap kelas yang elit, terjadilah persaingan yang ketat untuk bertahan berada di kelas unggulan. Banyak cara yang para siswa tempuh untuk mencapai tujuan mereka, salah satunya mencontek. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi perilaku menyontek seseorang adalah Konformitas. Konformitas dapat menjadi lebih baik jika dapat mengurangi perilaku buruk seperti perilaku menyontek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konformitas terhadap perilaku menyontek siswa kelas unggalan MTsN2 Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mencapai tujuan penelitian. Populasi penelitian ini adalah siwa kelas unggulan MTsN 2 Kota Kediri yang berjumlah 504 .Sedangkan sampelnya adalah 125 siswa kelas unggulan MTsN 2 Kota Kediri. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cluster sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS for Windows 23.0 Versi.
Hasil penelitian didapatkan bahwa konformitas memberikan pengaruh negatif signifikan terhadap perilaku menyontek pada siswa kelas unggulan MTsN 2 Kota Kediri. Pengaruh konformitas tersebut sebesar 14,1% tehadap perilaku menyontek, dengan 85,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainya seperti : prokratinasi dan efikasi, kecemasan, motivasi belajar dan berprestasi, keinginan akan nilai tinggi, pikiran negatif, harga diri serta kendali diri, serta perilaku impulsif dan cari perhatian.
Tidak tersedia versi lain