Text
Efektivitas Program Lima Hari Sekolah Dalam Penguatan Karakter Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Kediri
Program Lima Hari Sekolah (LIS) dan gerakan penguatan karakter merupakan dua hal yang saat ini sedang gencar gencarnya dilakukan. Menurut Yulla Indahri, program Lima Hari Sekolah (LHS) dilakukan sebagai upaya dalam penguatan karakter siswa. Dengan semakin banyak sekolah pelaksana program LHS ini diharapkan penguntun karakter bisa semakin baik dan efektif. Akan tetapi setelah dua tahun berjalan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melaporkan jumlah kekerasan anak justru meningkat tajam. Terlebih dari hasil penelusuran peneliti dari berbagai sumber, peneliti belum menemukan satupun hasil penelitian yang membahas besar efektivitas program Lima Hari Sekolah (LHS) dalam pengantin karakter. Oleh karenanya, menurut hemat peneliti penelitian terkait efektivitas program Lima Hari Sekolah (LHS) dalam penguatan karakter siswa sangat mendesak dan harus segera dilaksanakan sekarang ini.
Sebagai penelitian yang mencoba menguji kembali atas teori/program yang sust ini telah tengah berjalan, maka pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode ekx post facto sebagai metode penelitian yang digunakan. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, kuersener (angket), serta dokumentasi. Dimana data yang peroleh nantinya akan dianalisis melalui uji statistik deskriptif untuk mengetahui karakter dan pelaksanaan LHS, serta uji regresi untuk mengetahui besar efektivitas program LHS dalam upaya penguatan pendidikan karakter di SMPN 1 Kediri.
Setelah melalui analisis data, maka diperoleh hasil penelitian bahwa (1). Secara umum karakter siswa kelas VIII dapat dikutegorikan tinggi, hal ini dibuktikan pada kelima karakter yang ada semuanya merujuk pada kategori tinggi (2). Program Lima Hari Sekolah (LHS) di SMPN I Kediri sendiri dapat dikategorikan baik, dengan intrakurikuler kurang baik serta kokurikuler dan ekstrakurikuler dalam kategori baik. (3). Program Lima Hari Sekolah (LHS) memiliki efektivitas positif dan signifikan dalam penguatan karakter siswa, dimana T hitung yang diperoleh 2,033 yang ternyata lebih besar dibandingkan dengan T tabel 0,0s 190 sebesar 1,9725, dengan persamaan Y 56,530 + 0,216 x Adapun besar efektivitas termasuk dalam kategori sangat rendah dengan prosentase 2, 1%
Tidak tersedia versi lain