Text
Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kediri
Profesionalisme merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran Guru yar:g memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan proses pembelajaran terbentuk dan adanya profesionalisme yang tinggi Tingkat profesionalisme un ini akun mempengaruhi pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukannya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan profesionalisme guru di MTSN 3 Kediri pada bidang kompetensi pedagogik, kepribadian. profesional, sosial. 2)Apa saja kendala-kendala Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTSN 3 Kediri.
Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah jenis deskriptif kualitatif yang mempelajari masalah-masalah yang ada serta tata cara kerja yang berlaku Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan, mencatat analisis dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi atau yang ada Dengan kata lain penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk memperoleh informasi informasi mengenai keadaan yang ada pada objek penelitian yang menjadi sumber data adalah Kepala Madrasah dan guru MTSN 3 Kediri yang jumlalınya 9 orang sebagai informan utama dan pendukung yang terdiri dari 1 orang Kepala Madrasah, Wakasek 2 orang guru 3 orang, dan 3 murid MTSN 3 Kediri tidak banyak dan serta dapat dijangkau, peneliti dapat menjalankan penelitiannya dengan sangat mudah.
Hasil Penilitian ini adalah La), Upaya yang dilakukan Kepala Madrasah dalam bidang kopetensi pedagogik yakni berusaha melengkapi prasarana pembelajaran kerjasama dengan guru untuk menetapkan kurikulum, penyusunan silabus, RPP. melakukan perbaikan dalam setiap tugas masing-masing b) Pada bidang kopetensi profesional yakni memberikan kesempatan terhadap guru-guru untuk melanjutkan pendidikannya meningkatkan skil meningkatkan iklim kerja kondusif, memberangkatkan guru untuk MGMP, mengirim guru untuk mengikuti diklat atau seminar c) Pada bidang kopetensi kepribadian yakni mengikutsertakan guru untuk berupaya menjalankan visi misi sekolah d) Pada bidang kopetensi sosial yakni mepunyai hubungan yang sangat baik terhadap guru maupun siswa. memberikan motivasi secara individu maupun kelompok 2) Kendala yang dihadapi Kepala Madrasah yakni kurangnya sarana dan prasana pembelajaran kuarang sadarnya peningkatan kualitas din, RPP masih ada yang copy paste, dan pengiriman seminar atau diklat yang terbatas
Tidak tersedia versi lain