Text
Pengaruh Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And learning) Terhadap Minat Belajar Sisswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Dan Umrah kelas VIII Di MTsN 4 Kediri
Strategi Pembelajaran CTL (Contextual teaching and Learning ) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Sedangkan Minat adalah kecenderungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus, minat ini erat kaitannya dengan perasaan senang, karena itu dapat dikatakan minat itu terjadi karena sikap senang kepada sesuatu, orang berminat pada sesuatu berarti ia sikapnya senang kepada sesuatu.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui minat belajar siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Fiqih materi Haji dan Umrah kelas VIII di MTSN 4 Kediri. (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran Fiqih materi Haji dan Umrah kelas VIII di MTSN 4 Kediri. (3) Untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Haji dan Umrah kelas VIII di MTSN 4 Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTSN 4 Kediri, sampel yang diambil adalah kelas VIII I dengan jumlah 39 siswa dan kelas VIII J dengan jumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Observasi. Angket dan Dokumentasi. Setelah peserta didik diberi angket pada akhir pertemuan, selanjutnya data yang diperoleh dari hasil pengukuran kemudian dianalisis. Analisis data menggunakan uji One Way Anova diketahui bahwa nilai Sig. adalah sebesar 0.003. Karena nilai Sig. 0,003
Tidak tersedia versi lain