Text
Pengaruh Kecerdasan Enosi Terhadap Self Disclosure Ditinjau Bari Intensitas Layanan Bimbingan Konseling Siswa Sma Negeri 1 Rejoso
Pengungkapan diri merupakan aspek penting dalam kehidupan sehan-hari. Siswa pada tahun pertama biasanya mulai belajar beradaptasi schingga akan banyak melakukan pengungkapan diri pada orang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi self disclosure siswa adalah kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi mempengaruhi pesan yang disampaikan agar dapat bervalensi positif. Selain itu intensitas dari layanan Bk akan juga memberikan peran penting dalam pengembangan self disclosure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap self disclosure ditinjau dari intensitas layanan BK siswa di SMA Negeri 1 Rejoso.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mencapai tujuan penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejoso yang berjumlah 289. Sedangkan sampelnya adalah 120 siswa kelas X dari jurusan MIPA dan IPS. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah
dengan cluster sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS for Windows 20.0 Versi. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kecerdasan emosi dan self disclosure siswa berada pada tingkat sedang. Sedangkan untuk intensitas layanan BK siswa sedang cenderung ke rendah. Kecerdasan emosi memberikan pengaruh positif signifikan terhadap self disclosure sebesar 40,3 %. Sedangkan hasil pengaruh kecerdasan emosi terhadap self disclosure ditinjau dari intensitas layanan Bimbingan Konseling pada siswa SMA Negeri 1 Rejoso sebesar 42,3%.
Dari hasil tersebut terdapat peningkatan pengaruh sebesar 2,0 % sehingga intensitas layanan BK dapat memediasi pengaruh kecerdasan emosi terhadap self disclosure siswa. Sedangkan 57,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. seperti: kematangan emosi, dukungan sosial, kepribadian, gender (laki-laki danperempuan), dan kelekatan.
Tidak tersedia versi lain