Text
Inovasi kurikulum dan pembelajaran PAIi SMA berbasis pendidikan karakter
DESCRIPTION
Guru harus memahami hakikat kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA berbasis pendidikan karakter. Sebab, kerangka dasar kurikulum merupakan rambu-rambu yang dijadikan pedoman dalam penyusunan kurikulum KTSP dan silabusnya pada setiap sekolah. Kerangka dasar kurikulum sebagai pedoman dalam penyusunan kurikulum terdiri dari kelompok mata pelajaran, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, dan prinsip-prinsip pelaksanaan kurikulum yang mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan. Implikasinya, apabila guru mampu memahami kurikulum, maka guru PAI dapat memilih dan menentukan tujuan pembelajaran, metode, teknik, media pembelajaran, dan alat evaluasi pembelajaran yang sesuai dan tepat.
Pengorganisasian tersebut akan berpengaruh pada mutu proses pembelajaran yang dihasilkan. Pengorganisasian proses belajar-mengajar yang baik akan memperbesar peluang tercapainya tujuan penyelenggaraan pendidikan. Tujuan dari penyelenggaraan pendidikan sendiri adalah berupaya membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa serta berakhak mulia.