Text
IMPLEMENTASI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X-OTKP 3 SMK PGRI 2 KOTA KEDIRI
Metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif di mana siswa,
bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan
pembelajaran.Jigsaw adalah teknik pembelajaran aktif yang biasa digunakan
karena teknik ini mempertahankan tingkat tanggung jawab pribadi yang tinggi.
Tujuan dari jigsaw ini adalah mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar
kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin
diperoleh apabila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi
sendirian. Fokus masalah yang diambil peneliti adalah: 1) Bagaimana
implementasi metode jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Kelas X OTKP 3 di SMK PGRI 2 Kediri, 2) Bagaimana pengaruh
metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X OTKP 3 di SMK PGRI 2 Kediri.
Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data
yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data
menggunakan reduksi data, penyajain data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan,
dan kepastian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) implementasi metode jigsaw
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK PGRI 2
Kediri telah diterapkan dengan baik dan proses menuju kesempurnaan, 2) sampai
saat ini sudah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkanya
metode jigsaw di kelas X OTKP 3 SMK PGRI 2 Kota Kediri.
Tidak tersedia versi lain