Text
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA KELAS INKLUSI DI SMP ISLAM AL-AZHAAR KEDUNGWARU-TULUNGAGUNG
Kepala sekolah merupakan unsur terpenting dalam lembaga pendidikan,
karena selain kepala sekolah memiliki peran sebagai seorang pemimpin ia juga
memiliki peran sebagai koordinator dan manajer dalam pelaksanaan pendidikan di
sekolah. Oleh sebabnya, perlu adanya upaya yang besar dari kepala sekolah agar
lebaga yang dipimpinnya dapat maju dan berkembang. Tidak hanya kepala
sekolah, tenaga pendidikan dan seperta didik pun juga turut berpengaruh dalam
pelaksanaan pembelajaran dan pendidikan juga penentu berkembangtidaknya
lembaga tersebut. Dengan adanya elemen yang saling bersinergi, maka tujuan
bersama pun dapat tercapai. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Tindakan apa
saja yang dilakukan kepala sekolah SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru,
Tulungangung untuk meningkatkan mutu pendidikan pada kelas inklusi? 2)
Kendala apa saja yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung? 3) Bagaimana
hasil dari peningkatan mutu pendidikan pada kelas inklusi yang dilakukan oleh
kepala sekolah SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus, yang cara
menganalisisnya melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan
perpanjangan pengamatan, triangulasi dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Tindakan yang dilakukan kepala sekolah
SMP Islam Al-Azhaar untuk meningkatkan mutu pendidikan di kelas inklusi,
mengikutsertakan guru baru dan guru-guru terpilih dalam kegiatan workshop dan
pelatihan seputar pelaksanaan pendidikan inklusi, dan kepala sekolah melakukan
sosialisasi secara langsung kepada wali siswa berkebutuhan tentang pelaksanaan
pembelajaran, perkembangan anak serta tindakan apa yang perlu dilakukan oleh
orang tua agar sang anak dapat berkembang dengan baik. 2) Kendala yang
dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada kelas
inklusi di SMP Islam Al-Azhaar, orang tua yang kurang pro-aktif dengan
perkembangan anak sehingga perkembangan anak menjadi terhambat dan
kegiatan pembelajaran yang kurang kondusif seperti siswa yang rame, anak
berkebutuhan menjadi kurang fokus serta adanya diskriminasi. 3) Hasil dari
peningkatan mutu pendidikan pada kelas yang dilakukan oleh kepala sekolah
SMP Islam Al-Azhaar, anak berkebutuhan mampu melakukan bina diri serta
mampu berprestasi baik dibidang akademik maupun nonakademik.
Tidak tersedia versi lain