Text
Entrepreneurship : kiat melihat & memberdayakan potensi bisnis
Setiap orang memiliki alasan ketika ditanya mengapa berwirausaha. Dari sekian alasan itu dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok. Pertama, confidence modalities; karena terlahir dan dibesarkan dari keluarga yang memiliki tradisi kuat dalam berwirausaha, sehingga secara sengaja atau tidak sengaja cukup menjiwai pekerjaan semacam itu. Kedua, emotion modalities; karena memang sengaja sudah mempersiapkan diri untuk berwirausaha, barangkali karena seringnya melihat peluang penghasilan yang tinggi, atau karena alasan lain. Ketiga, tension modalities; karena berbagai faktor seakan-akan dipaksa oleh keadaan sehingga tidak memiliki pilihan lain selain berwirausaha.
Jadi, setiap orang sebenarnya berpotensi untuk berwirausaha. Namun, menjadi wirausaha yang sukses, bisa atai tidak, itu masalah lain. Tidak ada konsep atau teori yang mutlak di dalamnya. Yang jelas semua dapat dipelajari, ditekuni, dan dikembangkan. Mari kita persiapkan diri kita sejak dini untuk berwirausaha. Jika orang lain bisa, kenapa kita tidak?
--Dodi Reza Alex. Lic.Econ.MBA (Ketua HIPMI Sumsel)