Text
Pendidikan karakter : landasan, pilar & implementasi
Pendidikan karakter kini dipandang sebagai solusi cerdas dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa. Model pembelajaran dan pengajaran pendidikan budaya serta pendidikan karakter atau membangun karakter (character building) ini menjadi program penting yang telah terintegrasi dalam kebijakan penyelenggaraan pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi.
Mengapa pendidikan budaya dan karakter bangsa itu penting, serta bagaimana mengimplementasikan dalam konteks pendidikan nasional? Buku Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan lmplementasi ini secara bertahap menyajikan kajian komprehensif mengenai -pendidikan karakter- yang disesuaikan dengan kondisi faktual masyarakat Indonesia masa kini.
Membahas berbagai konsep, teori, dan landasan utama upaya pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa; buku ini antara lain berisi: (1) Hakikat pendidikan karakter; (2) Landasan psikologis, moral, etika, dan agama pendidikan karakter; (3) Mengolah pikir, rasa, hati, dan raga sebagai pilar pendidikan karakter; (4) Pilar-pilar pendidikan karakter menurut character counts; (5) Pilar-pilar pendidikan karakter dan budaya bangsa Indonesia; (6) Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui transdisiplinaritas; (7) Strategi pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter; (8) Urgensi keteladanan guru dalam membentuk karakter anak bangsa; (9) Menumbuhkan karakter melalui akulturasi minat baca anak; (10) Pengembangan intelektual manusia sebagai pencerminan pembentukan karakter; (11) Memahami hak dan perlindungan anak dalam masyarakat multikultural sebagai upaya pembangunan karakter bangsa; serta (12) Character education values that work in Islamic senior high school setting.