Text
Desain pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013
Buku yang membahas tidak hanya tentang teks bahasa Indonesia tetapi juga berbahasa Indonesia masih sangat langka, apa lagi yang membicarakan teks dalam hubungannya dengan embelajaran bahasa. Oleh sebab itu, kehadiran buku ini memiliki arti penting dalam mengisis kerumpangan bahan kepustakaan yang dapat menjadi sarana pengembangan kemampuan berpikir metodologis.
Fakta menunjukkan bahwa banyak pendidik (guru dan dosen) mata pelaiaran Bahasa lndonesia yang masih kebingungan ketika menyusun perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Faktor penyebabnya sebagai berikut. Rumusan Kompetensi Dasar (KDl mata pelajaran Bahasa lndonesia sulit dipahami karena jenis teks disusun berderet-deret dalam satu KD. Tiap KD untuk masing-masing Kompetensi lnti memuat taksonomi yang belum dikuasai dengan baik oleh setiap pendidik. Tiap KD memuat beragam jenis teks yang rata-rata pendidik belum pembeda dari tiap-tiap jenis teks. Para pendidik juga belum memahami cara mengintegrasikan KD domain pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu dalam penyusunan ini, memberikan solusi terhadap kesulitan pendidik dalam memahami dan mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa lndonesia, dengan acuan Kurikulum 2013.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Prinsip-prinsip desain pembelajaran | Cet. 1, Cet. 3 | 0 |