Text
Arsitektur mutu pendidikan Indonesia : peta jalan restorasi menuju keunggulan mutu pendidikan kelas dunia
Mutu terus bergerak dan berubah. Spesifikasi dan kualifikasi juga terus meningkat. Oleh karena itu, prinsip kompetensi berbasis mutu dan kompetensi perlu terus dibuka untuk semua. Spesifikasi mutu dan kualifikasi kompetensi dalam konpetisi, adalah suatu yang tidak bisa dikompromikan. Apa yang dulu bermutu sekarang sudah tertinggal, bahkan dianggap usang dan tidak bermutu. Berkompromi dengan mutu adalah suatu tindak cukup bermutu. Mendidik dan memberi pembelajaran tanpa mutu berarti sama dengan membagi-bagi ketertinggalan mutu dan perbaikan mutu maka sama artinya, dengan membagi-bagi ketertinggalan mutu dan kebohan. Sebab, pendidikan yang tidak bermutu dapat menjadi instrumen untuk membagi kebodohan kepada anak bangsa (education as an Instrument to share of stupidity among nations).
Gagasan dan pemikiran dalam buku ini, mencoba mengekplorasikan apa yang menjadi kebutuhan mutu terbaik bagi pendidikan Indonesia di masa depan. Apa sistem yang perlu di bangun untuk memperoleh pendidikan bermutu? Ternyata ada banyak kebutuhan mutu yang harus di rajut dan dilakukan secara terpadu. seperti menyiapkan segala kebutuhan yang dipersyaratkan oleh mutu, membangun arsitektur dan rumah mutu, memperkuat infrasuktur mutu, manajemen dan tata kelola mutu, perbaikan mutu dalam manajemen dan tata kelola pendidikan Indonesia. Penulis menemukan inspirasi cukup dengan satu kata "arsitektur'', yang bisa merajut dan bisa menggambarkan semua kebutuhan mutu pendidikan Indonesia ke depan.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Total quality management in education = manajemen mutu pendidikan / Adward Sallis; terj. Achmad Ali Riyadi, Fahrurrozi | 0 | |
5 Benchmark internasional mutu pendidikan | cet. 1 | 0 |