Text
Studi Komparasi Kemampuan Menghafal al- Qur’an Antara Siswa Lulusan MTs Dan SMP Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Babat-Lamongan
Penelitian ini dilaksanakan karena di zaman sekarang ini sudah banyak lembagalembaga atau instansi pendidikan umum baik lembaga Pendidikan Negeri dan lembaga
swasta yang menambahkan mata pelajaran Tahfidz. SMA Muhammadiyah 1 Babat
adalah salah satu dari lembaga formal yang menambahkan mata pelajaran Tahfidz sebagai
wadah peserta didik agar menjadi penghafal al-Qur’an. Disini para siswa ditargetkan
minimal menghafal 1 juz al-Qur’an yaitu juz 30. Di SMA Muhammadiyah 1 Babat sendiri
terdiri dari siswa yang berlatar belakang daerah maupun latar belakang sekolah yang
berbeda-beda. Ada yang dari SMP dan MTs. Tentunya kemampuan menghafal setiap
siswa berbeda-beda ada yang cepat menghafal ada yang lama sekali menghafal meskipun
hanya satu surat atau bahkan satu ayat. Oleh karena itu disini peneliti akan meneliti
komparasi kemampuan menghafal antara siswa lulusan MTs dan SMP di SMA
Muhammadiyah 1 Babat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah
komparasi (membandingkan), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan
atau tidak dalam kemampuan menghafal al-Qur’an antara lulusan MTs dan SMP.
Populasisekaligus dijadikan sampel sejumlah 153 siswa kelas X di SMA Muhammadiyah
1 Babat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t-test independent. Yang
dimulai dengan menguji homogenitas untuk menentukan rumus yang digunakan,
kemudian dihitung rumus Pollad varians
Kesimpulan dari skripsi ini adalah: 1) Kemampuan menghafal al-Qur’an siswa
lulusan MTs dan SMP tergolong cukup. Hal ini terlihat pada perolehan rata-rata nilai
yaitu 81,84 dan juga 80,13. 2) Tidak ada perbedaan dalam kemampuan menghafal alQur’an antara siswa lulusan MTs dan SMP. Berdasarkan hasil analisis perhitungan
statistic melalui rumus Polled Varians t-test diperoleh t=0,86 dan dikonsultasikan pada t
tabel yaitu taraf kesalahan 5% (1,976).
Tidak tersedia versi lain