Text
Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis ICT Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Kediri
Information and comunication tecnologi (ICT) menjadi kebutuhan yang mendasar dalam menentukan kualitas dan efektifitas proses pembelajaran. Dengan demikian, Salah satu pendekatan dan metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan aspek-aspek tersebut ialah dengan menggunakan pembelajaran berbasis information and comunication technology (ICT) dalam proses pembelajaran. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Fungsi ICT dalam Pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 2 Kediri. 2) Bagaimana Langkah-Langkah Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis ICT di SMK Muhammadiyah 2 Kediri. 3) Apa Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Siswa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Muhammadiyah 2 Kediri.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Fungsi ICT dalam Pembelajaran ICT di SMK Muhammadiyah 2 Kediri, yaitu: a) Sebagai alat bantu yang memudahkan siswa memahami pelajaran PAI, b) Sebagai media yang membantu siswa untuk lebih aktif belajar PAI, c) Mampu menumbuhkan minat siswa belajar PAI, d) Memperluas wawasan siswa tentang PAI. 2) Langkah-langkah guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa melalui pembelajaran berbasis ICT di SMK Muhammadiyah 2 Kediri, yaitu: a) Menyiapkan perlengkapan media ICT, b) Pembelajaran menggunakan media ICT, c) Pemberian tugas melalui e-learning. 3) Kekurangan dan kelebihan pembelajaran berbasis ICT terhadap siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 2 Kediri, yaitu: a) Kekurangan dari pembelajaran berbasis ICT diantaranya penyalahgunaan tenologi, b) Kelebihan dari pembelajaran berbasis ICT diantaranya siswa lebih aktif, mempermudah proses pmebelajaran, dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan.
Tidak tersedia versi lain