Text
Evaluasi Program Baca Al-Quran dengan Model Pendekatan CIPP Di SMKN 2 Kediri
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program baca al-quran dengan model
pendekatan CIPP: (1) Contex Latar belakang, sasaran dan tujuan program baca alquran. (2) Input Kondisi sumber daya manusia (siswa) dan sarana prasarana yang
medukung program. (3) Process Pelaksanaan, hambatan dan solusi program baca
al-quran. dan (4) Product Dampak atau hasil dari program baca al-quran yang
sesuai dengan tujuan program.
Hasil penelitian adalah 1) aspek contex, latar belakang program baca al-quran
mengacu terhadap kebijakan kurikulum K-13 tentang pendidikan karakter.
Program baca al-quran berjalan tepat sasaran (siswa). 2) aspek input, kondisi
sumberdaya manusia siswa SMKN 2 Kediri kemampuan membaca al-quran
dilihat dari kelancaran membaca, panjang pendek huruf dan makharijul huruf 70
% sangat baik 27,5 % baik 2,5% cukup baik dan 0% kurang baik, kemampuan
membaca al-quran (tajwid) 35 % sangat baik, 42% Baik, 20% cukup baik dan
2.5% kurang baik. Sarana prasarana program memadai. 3) Proces, Program baca
al-quran dilaksanakan pada pukul 06.45 10-15 menit sebelum KBM dimulai. 4)
Product, Dampak program baca al-quran Akhlak siswa 39 % sangat baik, 31 %
baik, 25 % cukup baik dan 5 % kurang baik. Siswa senang membaca al-quran 37
% tidak pernah membaca al-quran, 25 % kadang- kadang siswa membaca alquran, dan 38% siswa pernah membaca al-quran. Memberikan perasaan tenang
setelah membaca al-quran 33% tenang, 45 % pernah tenang dan 22 % siswa
kadang-kadang tenang.
Tidak tersedia versi lain