Text
Implementasi Supervisi Akademik di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran
Salah satu penyebab munculnya masalah dalam pendidikan adalah praktik
mengajar yang lebih memfokuskan pada penguasaan materi daripada membekali
siswa dari sudut kompetensi. Padahal secara teoritis pendidikan adalah
membimbing anak lewat pengajaran sehingga mereka memiliki kompetensi sesuai
dengan bakat masing – masing. Untuk meningkatkan peran guru agar lebih
maksimal maka diperlukan supervisi secara umum terhadap roda operasional
kesehatan organisasi.Penelitian ini berfokus pada persoalan : Implementasi
Supervisi Akademik di KMI (Kulliyatul Mu’alliminal Islamiyah) Pondok Modern
Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri untuk meningkatkan mutu pembelajaran, yang
kemudian dijabarkan ke dalam beberapa rumusan masalah sebagai berikut: (1)
Bagaimana perencanaan supervisi akademik di Pondok Modern Darul Ma’rifat
Gontor 3 Kediri ? (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik di Pondok
Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri? (3) Bagaimana mutu pembelajaran di
Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian Analisis deskriptif. dengan metode pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah
Ustadz senior, ustadz tahun ke 6, ustadz staff KMI dan ustadz pengajar.
Maka dapat disajikan temuan penelitian sebagai berikut : Pertama,
perencanaan supervisi akademik di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3
Kediri, yaitu (1) Identifikasi masalah: a. Metode pengajaran ustadz, b. Persiapan
pembelajaran, c. Keadaan guru dan santri dalam kelas selama proses pembelajaran
(2)membuat target/tujuan: a. Tujuan disini untuk mengetahui secara langsung
kemampuan serta persiapan ustadz dalam mengajar, b. Membuat jadwal supervisi
akademik, c. Teknik supervisi yang digunakan. Kedua, pelaksanaan supervisi
akademik di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri dilaksanakan dengan
menggunakan :1) prinsip – prinsip supervisi akademik : a. prinsip demokratis, b.
prinsip kerjasama,c. Konstruktif dan kreatif (2)teknik supervisi yang digunakan
dengan teknik supervisi individual: a. Melakukan kunjungan kelas, b.Melakukan
observasi kelas, c. Menggunakan metode visual, d. Pertemuan individual,
Supervisi Kelompok : a. Evaluasi kamisan, b.Mengadakan kegiatan Ta’hil.
Ketiga, Mutu pembelajaran di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri
ditinjau dari beberapa aspek adalah sebagai berikut :(1) indikator mutu
pembelajaran : a. Mempunyai daya tarik , b. Efektifitas,c. Produktivitas (2)faktor
mutu pembelajaran : a. disiplin santri , b. menggunakan metode mengajar yang
bervariasi, c. adanya kurikulum KMI dimana pada kurikulum ini bersifat tetap , d.
dengan belajar Muwajjah (belajar malam).
Tidak tersedia versi lain